10 Contoh Melestarikan Lingkungan Sekitar, Bangkitkan Kesadaran Mulai Dari Hal Kecil

TWA Gunung Baung ini berlokasi di Desa Cowek, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan. Program ini juga mencakup perawatan sarang penetasan semi alami, serta edukasi konservasi penyu kepada 625 pelajar, 160 nelayan, dan masyarakat sekitar Banyuwangi. BCA kembali mendukung program konservasi penyu melalui Banyuwangi Sea Turtle Foundation (BSTF). Program meliputi pelepasliaran tukik pada program Selamatkan & Lestarikan Penyu. BCA dan BOSF juga melakukan Edukasi Konservasi Orangutan melalui program Orangutan Goes to School. Contoh : melakukan tebang pilih pohon, tidak mengeksploitasi sumber daya alam(SDA) secara berlebihan, serta memberikan sanksi yang tegas kepada pelaku yang merusak alam, seperti menebang pohon secara sembarangan. Bentuk minimal berupa tidak perlu melakukan tindakan yang merugikan atau mengancam eksistensi makhluk hidup lain di alam semesta. 3. Meningkatkan partisipasi dan kesadar berbagai pihak dalam pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan yang wawasan lingkungan. Lingkungan di sekitar kita dapat mengalami kerusakan yang disebabkan oleh berbagai hal, baik faktor alami maupun faktor buatan. Program ini diharapkan mampu menjadi bagian gerakan pelestarian lingkungan untuk penanaman pohon yang masif dan upaya mengantisipasi perubahan iklim global, degradasi, deforestasi hutan dan lahan, serta mencegah kerusakan lingkungan lainnya yang mengakibatkan penurunan produktivitas alam dan kelestarian lingkungan.

Rulianto Sjahputra: Pemanasan Global (Global Warming) Isu lingkungan saat ini telah menjadi perhatian masyarakat global di berbagai negara di dunia. Sebagai gantinya, kamu akan menemui berbagai jenis burung seperti, prenjak, trucukan, kutilang dan raja udang. Meskipun cukup menantang keberanianmu, Pantai Cikembang dijamin akan memberikan pengalaman liburan yang berbeda selama berada di Sukabumi. BCA kembali mendukung Program NEWtrees yang diprakarsai oleh WWF Indonesia sebagai upaya pelestarian lingkungan melalui penanaman mangrove di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon. Program Pasasarjana Ilmu Lingkungan Universitas Riau (PSIL UNRI) dan Pusat Studi Lingkungan Hidup (PSLH) LPPM UNRI diharapkan dapat berperan aktif dalam pengelolaan lingkungan. Menurutnyakegiatan ini merupakan aksi nyata peduli lingkungan terutama di sekitar kampus dengan memberikan edukasi kepada mahasiswa untuk berperan aktif terhadap kelestarian lingkungan kampus. Salah satunya adalah Upaya pelestarian tanah dapat dilakukan dengan cara mengajak masyarakat untuk ikut serta dalam kegiatan menanam 1000 pohon atau penghijauan kembali (reboisasi) terhadap tanah yang semula gundul. Oleh karena itulah pelestarian lingkungan dianggap sebagai upaya manusia yang dilakukan untuk menjaga alam merupakan bagian daripada ihtiar untuk mewariskan kepada generasi mendatang. Oleh karena itu, ke depan aktivitas usaha budidaya harus dilakukan dengan tetap menjamin kelestarian ekosistem melalui penerapan prinsip eco-efisiensi yaitu mendorong produktivitas dengan tetap menjaga kualitas lingkungan yang ada.

Pengelolaan Sungai Mahakam dinilai penting untuk dilakukan terutama daerah aliran sungai (DAS) Mahakam, karena banyak permasalahan seperti tingkat pencemaran yang tinggi, sedimentasi, erosi dan tanah longsor. Konon, lokasi ini adalah sebuah lautan yang telah terangkat karena lanskapnya cukup unik berbentuk seperti tapak kuda. Sebagai gambaran pedoman EAA ini berisi berbagai indikator penilaian yang telah mengakomodasi berbagai aspek utama yaitu ekologi, sosial dan ekonomi. Sudah tahukah kamu, apa saja hal-hal yang dapat merusak lingkungan dengan menyebabkan berbagai pencemaran lingkungan? Semenjak saat itu, setiap tanggal 5 Juni seluruh komponen masyarakat dunia bergandengan tangan dengan instansi pemerintah dan komponen bisnis kecil maupun raksasa, akan bersama-sama menunjukkan partisipasinya dalam mengurai isu-isu lingkungan hidup. Faktor buatan terjadi akibat adanya campur tangan dari manusia. Pembuangan limbah industri ke sungai, penambangan ilegal menggunakan bahan beracun dan pembakaran lahan, juga masih terjadi di beberapa wilayah. Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen ini terletak di wilayah administrasi perbatasan Banyuwangi dan Bondowoso. Di antaranya adalah panorama Danau Kawah Ijen yang diketahui menjadi kawah paling besar sekaligus paling asam sedunia.

Sebagai TWA, Kawah Ijen memiliki berbagai daya tarik wisata. Kebutuhan akan pengetahuan dan informasi terkini tentang solusi untuk mengatasi berbagai isu lingkungan diperlukan dari berbagai pihak . Satwa yang hidup di TWA Gunung Baung juga datang dari berbagai jenis, misalnya saja ular piton, landak dan trenggiling. Langkah ini menurutnya, sebagai upaya dalam mengimplementasikan pola pengelolaan budidaya yang bertanggungjawab sebagaimana mandat dalam FAO- Code of Conduct for Responsible Fisheries (CCRF). Tarif masuk ke tempat wisata di Sukabumi ini hanya Rp3.000 dan parkirnya Rp12.000. Kehadiran desa wisata juga mampu menciptakan pelestarian lingkungan serta konservasi budaya dan adat istiadat. PT ASABRI (Persero) tidak hanya berorientasi kepada bisnis, tetapi juga memperhatikan kepentingan lingkungan, melalui program green movement. Kegiatan ini diharapkan dapat membangun kembali penghijauan lingkungan, ujar Sri Ainin Muktirizka. Ketua SICCR-TAC Heinrich Terhorst mengatakan program ini bertujuan untuk mengurangi emisi nasional dari deforestasi dan degradasi hutan. Faktor alam terjadi melalui proses alam dan tidak dapat dicegah, namun dapat dihindari guna mengurangi atau meredam kerusakan yang ditimbulkan.